Selasa, 12 Desember 2023

[Kuliner] Nyobain Dimsum Peranakan Cuisine ‘Depot Sintaka’ Jogja

 


Seorang teman ngajakin ketemuan. Sambil pengin nyobain tempat makan baru. Lokasinya ada di foodcourt lantai 2 di Pasar Kranggan, Yogyakarta.

Kebetulan aku juga penasaran dengan kedai-kedai makanan di Pasar Kranggan Lantai 2, Yogyakarta ini. Jadi, ayok-lah kita ketemuan.

Kami datang di lokasi sekitar pukul 9 pagi. Kedai tujuan kami masih bersiap. Tidak masalah. Kami mengambil duduk di depan kedai persis. Sambil menunggu hingga bisa memesan, kami mengobrol asyik.


Kedai tujuan kami ini menjual dimsum dan peranakan cuisine Jogja. Pemiliknya temennya temanku yang ketemuan ini. Masakannya terbilang cukup enak. Pas tahu kalau ternyata temannya temanku itu buka warung di Pasar Kranggan Lantai 2, temanku penasaran ingin mencoba.

Yak, Depot Sintaka yang menjual dimsum dan peranakan cuisine sudah siap menerima pesanan. Atas rekomendasi temanku, kami memesan menu-menu berikut:

Singapore Laksa (25K)

Nasi Tim Ayam Jamur (20K)

Shuikiaw Udang (10K)

Angsio Kaki Naga (10K)

Es Awet Muda (15K)

Es Kiamboy (10K)



Singapore Laksa
Singapore Laksa-nya nikmat. Kuah curry-nya pas – tidak begitu pekat tapi juga tidak begitu light. Isinya bihun, tahu cokelat, udang tiga biji, bakso ikan, telur ¾ matang, dan taburan daun bawang. Sudah enak, cuman untukku agak kurang berani sedikit asin dan manisnya.


Nasi tim ayam jamurnya juga enak. Ini pesanan temanku tapi aku ikut mengicip. Nasinya jadi gemuk-gemuk karena mekar saat ditim kali, ya? Hi-hi. Ada jamur kancing dan telur. Sama seperti Singapore Laksa, menu ini enak cuman kurang sedikit berani perpaduan asin dan manisnya.


Aku juga memesan shuikiaw udang dengan kuah. Kuahnya seger banget. Ditambah taburan irisan daun bawang. Satu porsi ada empat buah shuikiaw udang.


Angsio Kaki Naga
Angsio kaki naganya enakk, nih. Pas rasanya. Warnanya merah menggoda. Empuk dan moprol. Jadi enggak bakal takut berantakan makannya.
 
Es Awet Muda

Es Kiamboy
Es awet muda tuh isinya apa aja, ya? Wait, agak lupa. Hi-hi. Kalau tidak salah ada leci, biji selasi, jamur kuping, dan entah apa lagi. Seger, sih. Sama kayak es kiamboy – maafkan aku yang lupa isinya apa aja. Tapi, aku prefer memesan air putih aja. Bukan karena enggak enak, yah. Enak, kok. Cuman, aku memang senengnya minum air putih aja kalau sehabis minum. 

Pas sudah pulang dan menulis blog ini, aku baru sadar. Lho, belum nyobain shumai ayam dan jamur-nya Depot Sintaka. Padahal pas mau pesen sudah ngiler pengin nyobain malah kelewat pesan yang satu.

Berarti besok kudu ke Depot Sintaka di Pasar Kranggan Lantai 2, Yogyakarta. Mau shumai-nya dong, Mbak! Saya pesan dua, yak! :D 

Copyright © 2010- | Viva | Kaffee Bitte | Desi Puspitasari | Daily | Portfolio