Rabu, 06 Desember 2023

[Kuliner] Bakso Mie Ayam MARIDONG; Bakso Uratnya Menggoda Tetelannya Berlimpah


Akhirnya nemu warung mie ayam bakso  muantull yang jadi langganan! 😋

Beberapa waktu lalu aku sempat gelisah. Warung bakso langgananku kualitasnya menurun. Kuahnya tak segurih dulu. Baksonya biasa aja. Tetelannya aduhai alotnya.

Setiap pengin ngebakso jadi tertunda.

Beberapa rekomendasi mie ayam dan bakso di media sosial X sudah kutandai. Tapi, aku belum sempat mencoba ke sana karena lokasinya yang bisa dibilang lumayan jauh.

Sampai akhirnya lewat di reells di Instagram tentang Mie Ayam Bakso MARIDONG. Aku cek lokasi dan harganya, wah, terjangkau semua, nih. Sore harinya aku langsung sambang ke sana. Gercep, ceritanya. Hi-hi.

Nggak sampai 10 menit kami sudah tiba di lokasi. Datangnya berdua tapi pesan tiga porsi; mie ayam bakso urat, mie ayam goreng, mie ayam tetelah masih plus tetelan. Minumnya es teh dua.

Karena mie ayamnya well, selang beberapa hari kemudian kami ke sana lagi. Khusus untuk nyobain menu baksonya. Dan, sama-sama well-nya.


Jadi, mie ayamnya nikmat. Jenis mie putih yang bikin sendiri itu, lho, yang biasa ditata tumpuk rapi di etalase yang jualan. Porsinya bisa dibilang banyak meski enggak jumbo. Minyak kuningnya masih enakan mie ayam Kang Dembo tapi MARIDONG juga enggak mengecewakan.

Yang pasti baksonya mantap. Baik bakso campuran mie ayam juga menu khusus bakso. Kuahnya ringan, ya, berasa kaldunya. Gurihnya asin. 


Bakso uratnya ngurat banget. Potongan-potongan uratnya kelihatan dan berasa. Daging sapinya berasa. Bakso biasa juga not bad. Pernah pesan bakso jumbo juga terasa dagingnya --kebanyakan kalau bakso jumbo suka berasa tepung aja, kan, ya?

Kuah baksonya seger. Tetelannya mantul.

Pernah pesan tetelan pas makan mie ayam Om Karman 2 di Cepit Tembi Bantul, yang datang gajih --literary gajih putih semangkok harga 10 ribu. 😅

Tetelan di MARIDONG ini beneran tetelan. Gajih-gajihnya menempel di irisan daging. Yes, pembeli masih bisa menikmati irisan daging sapi saat mesen tetelan. Semangkoknya 4 ribu rupiah aja.


Senang akhirnya nemu warung mie ayam bakso langganan baru. Beberapa kali kami ke sana kalau pas lagi longgar duitnya. Berdua pesannya tiga porsi tambah tetelan plus es teh dua gelas habisnya kurleb 50 ribu ripuah aja.

Lis harganya, nih (per 27 Desember 2023):

🍲 bakso tetelan 14k

🍲 bakso biasa 10k

🍲 bakso urat 13k

🍲 mie ayam tetelan 13 rb

🍲 mie ayam bakso urat 15 rb

🍲 mie ayam goreng 10 rb

🍲 tetelan Rp4 ribu/porsi

🍲 es teh 3 rb

📍Bakso Tetelan Maridong

Jl. Delingsari, Patukan, Ambarketawang, Gamping Sleman 

(50 meter dari kantor Kalurahan Ambarketawang ataupun Puskesmas Gamping, dan tak jauh dari PKO Muhammadiyah Jalan Wates Jogja)

G-MAPS-nya: 'Bakso Tetelan Maridong'

Cobain, yaa, siapa tahu kamu cocok juga. 



Copyright © 2010- | Viva | Kaffee Bitte | Desi Puspitasari | Daily | Portfolio