Senin, 08 Mei 2023

[Tips Menulis] Cara Cepat Mendapatkan Ide Tulisan Fiksi

Mencari ide tulisan cepat tanpa perlu menjalani hari-hari sunyi sembari menghabiskan bercangkir-cangkir kopi.

Masalah utama saat hendak menulis adalah bingung mencari ide atau tema tulisan.  Menghabiskan waktu untuk googling malah berakhir skroling media sosial; membaca gosip di Instagram, mengikuti berita viral di X, menghikmati tutorial memasak via Shorts atau video di Youtube, atau malah ngapalin gerakan dance baru yang sedang treding di Tiktok. Ketika menghadap laptop, pikiran kembali blank.

Mencari ide dan/atau tema tulisan sebenarnya mudah. Ada banyak cara untuk menemukan ide dan/atau tema tulisan secara cepat. Secara prinsip mulailah dari yang dekat.

Mulailah dari yang dekat.

Cara simpel dan mudah namun memiliki banyak sekali cara. Berikut ini adalah dua contoh memulai dari yang dekat yang bisa segera kamu praktikkan. Simak, ya, bisa kamu tambahkan juga bila ada cara lain yang juga asyik di kolom komen.

Hari-hari besar nasional

Apa saja hari-hari besar nasional dan internasional bisa kamu dapatkan dengan googling. Hari-hari besar ini bisa digunakan karena pasti memiliki kedekatan dengan pembacanya. Selain itu juga untuk mengejar momen. 

Misalnya: 

JanuariTahun Baru 

Ide cerita fiksinya:

Thriller – Seorang gadis mati ditikam sebanyak sepuluh kali tepat di ulu hati. Teriakan minta tolongnya tertutup bising kembang api yang menyala tepat di pergantian tahun. Tak lama kemudian, riuh ledakan kembang api berganti dengan teriakan ngeri para tamu rooftop hotel bintang lima. Mayat anak perempuan anak presiden tergeletak tanpa nyawa berlumuran darah.

Romance – Hati Adila mendadak redup dan runyam tepat ketika kembang api pergantian tahun meledak di udara. Suaminya dengan dingin mengatakan bahwa mereka akan berpisah. Laki-laki itu tak bisa berpura-pura lagi; ia masih mencintai mantan pacarnya dan ingin kembali ke pelukan perempuan yang telah mencampakkan lima tahun lalu.  

Februari – Valentine 

Ide cerita fiksinya:

RomanceValentine identik dengan cokelat. Sayangnya, wanita pujaan Thomas adalah seorang barista sekaligus owner coffee shop ternama se-Bali. Sementara itu pengetahuan Thomas tentang kopi hanyalah sebatas es kopimik saset gelas besar masih ditambah dua sendok teh gula pasir. Tepat di hari valentine, Thomas bertekad mengikuti kompetisi brewing kopi dan menjadi juaranya demi mendapatkan hati Jessie.

• Berita viral

Ide cerita fiksinya:

Romance – Irha yang telah diam dan bersabar selama lima tahun akhirnya membongkar perselingkuhan suaminya -Klemer -  yang seorang pilot dengan pramugari – Della. Setelah tiga tahun berpisah dengan suaminya, Irha akhirnya menemukan tambatan hati. Laki-laki pengusaha yang begitu mengayomi. Hingga suatu hari istri tersebut mengetahui bahwa laki-laki pengusaha tersebut adalah kakak laki-laki Della – selingkuhan mantan suami Irha.


Jadi, kurang lebih begitu, ya. Menulislah dari yang paling dekat. Paling dekat bisa berarti apa saja; pengalaman, perjalanan, curhatan, masalah, juga termasuk hari-hari besar nasional dan internasional pun berita yang sedang viral. 

Ide cerita tersedia banyak di sekitar kita. Hanya kita mampu menangkap dan mengolahnya menjadi cerita atau tidak. Latihan terus menerus akan menjadikan kita sedikit lebih lihai ketimbang sebelumnya.

Selamat menulis. 

Copyright © 2010- | Viva | Kaffee Bitte | Desi Puspitasari | Daily | Portfolio