Rabu, 14 Juni 2023

[Kuliner] Sarapan Soto Ayam Seger 5 Ribu Sudah Sama Nasi

Satu porsinya sudah cukup untuk sarapan sebelum berangkat kerja

Berangkat dari iseng berakhir menjadi langganan. Pagi hari sebelum berangkat kerja paling enak memang sarapan yang berkuah, panas, dan segar. Kalau bisa murah tappi sudah bikin kenyang.

Soto Sueger Bu Kembar yang terletak di jalan Bibis, Sidokarto, Godean, Sleman Yogyakarta ini memenuhi semua kriteria itu. Soto ayam semangkok harganya cuma Rp 5 ribu rupiah sudah sama nasi. 

Warungnya berukuran sedang dan terletak di pinggir jalan. Sangat strategis karena jalan Bibis daerah Godean ini merupakan jalan alternatif dan dilewati banyak kendaraan. Setiap pagi jam orang-orang berangkat ke kantor, pengunjung warung ini seperti air mengalir. Tidak sampai penuh sesak tapi selalu ada dan banyak. Begitu pula saat jam makan siang. Jangan khawatir tempatnya cukup dan nyaman, kok. Juga untuk area parkirnya; luas dan cukup untuk banyak motor.

Aku ke sana untuk sarapan. Enggak ada ekspektasi apa-apa saat memesan. Hingga pesanan soto ayam itu terhidang.

Satu mangkok berukuran tanggung sudah dengan nasi di wadah yang sama, soto ayam itu tersaji. Kuahnya bening kekuningan dari kunyit, suwiran ayamnya minimalis tapi tergolong sudah bisa dinikmati, ditambah irisan tomat, kubis, dengan pemanis irisan seledri, juga irisan jeruk nipis.

Mari kita icip; srupuuuttt!

Kuah soto ayam ini tergolong segar. Tidak begitu ngaldu tapi cukup lumayan gurih dan bisa dinikmati. Ada sedikit hint rasa manis – hanya sedikit. Menikmatinya dengan menyendok nasi dan suwiran ayamnya yang sudah menjadi satu. Untuk ukuran soto ayam seharga Rp 5 ribu per mangkok dan sudah dengan nasi, soto ayam seger ini nikmat. 

Panas, segar, dan nikmat. 

Sajian pendampingnya tak kalah lezat. Favoritku tempe goreng tepung. Sepertinya digoreng dadakan karena setiap aku ke sana tempe gorengnya tersaji panas. Tempenya renyah. Digigit dan dinikmati rasanya bisa begitu krenyes-krenyes

Enak banget. 

Selain tempe juga terdapat sate telur puyuh, sate usus, dan tahu bacem. Rasa kesemuanya manis dan juga enak. 

Semangkok soto ayam sudah dengan nasi, ditambah tempe goreng, sate telur puyuh, sate usus, dan/atau dengan tahu bacem… kenyang banget. 

Untuk minum tersedia pilihan teh dan jeruk es/panas. Juga air putih. 

Aku datang berdua dengan tambahan makanan pendamping juga membungkus tempe goreng tepung, habisnya kurang dari 50 ribu. Mungkin sekitar Rp 30 ribu atau kurang. Masing-masingnya paling banyak habis kisaran Rp15 ribu. Bisa kurang dari itu tapi aku suka ngemil makanan pendamping jadi ya habisnya kisaran segitu, hi-hi. 

Murah banget, kan?

G-Maps: Soto Sueger Bu Kembar

Jl. Bibis Sidokarto Godean Yogyakarta

Copyright © 2010- | Viva | Kaffee Bitte | Desi Puspitasari | Daily | Portfolio