Senin, 23 Januari 2023

[Kuliner] NGOPI VIETNAM DRIP SEMBARI BELAJAR BAHASA ISYARAT DI KASULI

SAPAAN

Hai, Teman-teman semua. Tahu-tahu sudah 2023 aja, yak! Alhamdulillah masih bisa berkarya sampai saat ini – keinget tahun 2021 kemarin aku kena C*vid 19 yang nauzubillah nggak enak :(


Pada tahun 2023 ini aku kembali nge-blog. Nggak melulu tentang tulisan tapi juga tentang jajan-jajan, dan yang seru-seru lainnya. Apa aja akan aku tulis di sini ya, Teman-teman. Sembari berlatih menulis lagi – sepanjang pandemi kemarin kemampuan menulisku benar-benar macet karena kondisi terkena pandemi, sekarang belum pulih tapi semoga segera membaik dan berlebih, amin!



Kali ini aku akan berbagi tempat ngopi asyik yang menunya sih B aja, tapi istimewanya kita bisa belajar bahasa isyarat tuli di sini. Cekidot!


DIDIRIKAN OLEH AHMAD TEMAN TULI


Tempat nongkrong asyik kali ini bernama KASULI, yang kepanjangannya adalah KAFE SUSU TULI. Yap, KASULI ini didirikan oleh seorang teman tuli bernama AHMAD.


KASULI berlokasi di Jl. Langenarjan Lor No.16, Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Buka dari pkl. 16.00 – 22.00 WIB. Ada G-mapsnya lho jadi Teman-teman nggak usah takut kesasar; G-Maps: Kasuli.




Ahmad adalah seorang teman tuli. Yap, benar ia tidak bisa mendengar. Waduh, jadi susah dong nanti kalau mau pesan menu?


Tenang, Teman-teman bisa memesan menu dengan menulisnya. :D


MENU-MENU KASULI


Sebenarnya tak ada yang istimewa dari menu-menu yang ditawarkan di KASULI. Tapi, kalau Teman-teman ingin merasakan ambience yang berbeda, bertemu teman baru, belajar bahasa isyarat tuli, di sinilah tempat yang tepat.




Untuk makanan tersedia penganan seperti otak-otak goreng/bakar, sosis goreng, kentang goreng/french fries, dan Indomie goreng – kemarin kami pesennya itu. Selengkapnya bisa dilihat pada foto, yaa.




Untuk minuman ada menu susu, blended, dan juga kopi. Karena aku sudah mengurangi minuman yang manis-manis, pilihan kopi tubruk dan kopi vietnam drip tanpa gula tentu pilihan tepat.




BELAJAR BAHASA ISYARAT



Di Kasuli tak hanya ditunggui oleh Ahmad. Ada banyak teman-teman lain yang datang ke sana. Tempatnya yang luas jadi asyik-asyik aja kalau mau datang bersama teman-teman yang lain.




Selain teman-teman dengar, di sana juga sering didatangi oleh teman-teman tuli.


Terus bagaimana kalau mau belajar bahasa isyarat? Tinggal bilang aja; kami mau belajar BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia), dong, Kak. Pasti dengan senang hati Ahmad dan teman-teman tuli dan teman-teman dengar yang lain akan mengajari teman-teman  semua.




Oh iya, mau tahu bagaimana bahasa isyarat kalau mau pesan french fries? Ini dia – gerakan ini diadaptasi bentukan visual french fries KF-C.

Copyright © 2010- | Viva | Kaffee Bitte | Desi Puspitasari | Daily | Portfolio