Rabu, 12 Februari 2020

Syarat Kuliah di Luar Negeri

Informasi Seputar Syarat Kuliah di Luar Negeri Dijamin Mudah Masuk Universitas Impian




Sebelum berkuliah ke luar negeri, maka calon mahasiswa wajib menyiapkan segala persyaratan agar dapat tembus di universitas impian. Kuliah ke luar negeri mempunyai beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi. Sebenarnya, syarat untuk berkuliah di luar negeri tidak terlalu ribet. Kalau sudah memenuhi segala persyaratannya, dijamin akan mudah untuk dapat masuk di universitas impian. Ketahui syarat kuliah di luar negeri supaya mudah tembus universitas impian berikut ini! 

5 Syarat Kuliah di Luar Negeri yang Harus Dipenuhi


1. Menyiapkan Dokumen Persyaratan 



Syarat kuliah di luar negeri yang pertama ialah calon mahasiswa harus menyiapkan sejumlah dokumen seperti, paspor, Ijazah & transkrip nilai berbahasa inggris, motivation letter, sertifikat tes bahasa Inggris (wajib bagi S2 dan S3), asuransi kesehatan, visa, proposal riset (khusus mahasiswa S2 dan S3), surat rekomendasi pendidik, surat rekomendasi perusahaan (khusus yang sudah bekerja) dan sebagainya.

Untuk pembuatan paspor bisa langsung mendatangi kantor imigrasi. Sementara untuk visa, bisa datang ke kedutaan besar negara tujuan atau melewati agen, tapi harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Siapkan pula dokumen nilai-nilai sekolah selama di Indonesia dan pastikan sudah memenuhi persyaratan nilai yang ditentukan universitas tujuan.


2. Pintar Berbahasa Inggris
Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional dan menjadi syarat kuliah di luar negeri yang wajib dipenuhi terutama untuk S2 dan S3. Umumnya wajib lulus tes TOEFL atau The Test of English as a Foreign Language sebagai persyaratan umum masuk universitas di Eropa dan Amerika. Penting diketahui bahwa setiap negara meminta syarat jenis tes bahasa yang berbeda.

Seperti TOEFL internasional berbeda dengan TOEFL Institusional yang diketahui sebagai syarat masuk beberapa universitas di Asia. Sementara untuk universitas di Australia dan Inggris lebih memilih IELTS (International English Language Testing System), sebagai persyaratan. Jadi, sebaiknya ambil les TOEFL dari sekarang kalau ingin kuliah ke luar negeri.

3. Perhatikan Universitas dan Program Studi yang Akan Diambil

Calon mahasiswa harus terlebih dahulu mempertimbangkan secara matang mengenai universitas dan program studi yang akan diambil. Hal yang paling penting dalam memilih universitas ialah dengan memastikan universitas yang dipilih berkualitas bagus. Tips mencari info antara universitas mana yang kurang berkualitas dan yang berkualitas bagus ialah menanyakan kepada mahasiswa yang kuliah di negara impian atau bisa juga browsing website resminya.

Sedangkan tips untuk memilih prodi, pilihlah prodi sesuai passion/minat, sesuaikan dengan waktu target lulus karena waktu lulus setiap negara berbeda-beda dan pilih prodi dengan prospek masa depan yang cerah karena program studi tersebut akan membawa ke masa depan yang lebih sukses. Proses penentuan universitas dan program studi ini juga menjadi hal yang penting karena syarat kuliah di luar negeri juga akan tergantung dari kebutuhan administrasi setiap universitas dan program studi yang diambil.

4. Sediakan Biaya yang Cukup dan Memadai
Syarat kuliah di luar negeri yang harus dipenuhi selanjutnya adalah memastikan dulu bahwa sudah punya biaya yang cukup selama tinggal di negeri orang. Pertimbangkan untuk mencari program beasiswa supaya dapat menghemat biaya. Ada beberapa beasiswa yang dapat dicoba seperti, beasiswa Dikti, beasiswa unggulan, beasiswa LPDP, beasiswa DAAD, beasiswa Erasmus, beasiswa universitas dan sebagainya.

Jika masih belum dapat karena terkadang mencari beasiswa itu memang tidak mudah. Tak perlu khawatir, karena masih ada jalan alternatif lain untuk pembiayaan kuliah di luar negeri, seperti dari tabungan, pinjaman/student loan, atau dari donatur individu.

5. Persiapan Mental dan Rasa Kemandirian


Tantangan terbesar baru akan dimulai saat seseorang telah lolos seleksi dan menjalani kuliah di negara tujuan. Berkuliah jauh dari rumah apalagi di luar negeri menuntut seseorang harus mandiri. Mahasiswa dituntut untuk dapat mengatasi persoalan sendiri, beli makan sendiri, merawat diri ketika sakit, bersosialisasi dengan ratusan pelajar luar negeri, bahkan homesick karena jarang pulang ke tanah air sebab biaya pesawat lumayan mahal. Maka, kemandirian dan ketahanan mental sangatlah penting untuk dipersiapkan.

Sekian, penjelasan mengenai berbagai syarat kuliah di luar negeri supaya mudah masuk universitas impian. Mau tau lebih banyak soal negara dengan biaya kuliah termurah di dunia atau berbagai jenis biaya murah di negara lainnya? Simak terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

Copyright © 2010- | Viva | Kaffee Bitte | Desi Puspitasari | Daily | Portfolio