Kamis, 06 Februari 2020

Negara dengan Biaya Kuliah Termurah di Dunia

Negara dengan Biaya Kuliah Termurah di Dunia yang Direkomendasikan untuk Pelajar



Biaya kuliah akan terus naik setiap tahunnya. Apalagi kuliah di universitas luar negeri, biasanya banyak calon mahasiswa yang memilih jalur beasiswa karena mahalnya biaya tersebut. Meskipun begitu, faktanya masih ada banyak negara yang memberikan biaya kuliah murah dan sangat terjangkau serta dari universitas ternama. Yuk, simak penjelasan tentang negara dengan biaya kuliah termurah di dunia paling favorit di bawah ini!



Rekomendasi 6 Negara dengan Biaya Kuliah Termurah di Dunia

Bagi para pelajar yang ingin menuntut ilmunya di luar negeri, rekomendasi negara dengan biaya kuliah termurah di dunia ini bisa sangat membantu untuk menentukan pilihan negara tujuan. Berikut ini merupakan 6 (enam) negara tersebut.

1. Perancis
Kebanyakan universitas negeri di sini sudah ditanggung oleh negara, ada juga yang hanya perlu membayar 190 dollar AS atau sekitar Rp. 2.700.000 per tahun pada tingkat sarjana bagi siswa Uni Eropa. Sejak tahun akademik 2019/2020 siswa non-Uni Eropa akan mulai membayar biaya lebih tinggi yaitu 3.065 dollar AS atau Rp. 43.500.000 per tahun bagi gelar sarjana. Selain itu, biaya hidup di Perancis pun terjangkau yaitu, 10.620 dollar AS atau sekitar Rp. 151.000 per tahun, kecuali di ibu kota Paris, biayanya akan jauh lebih tinggi.

2. Skandinavia


Skandinavia terkenal dengan kualitas hidupnya yang tinggi dan alam yang eksotis, negara-negara Eropa utara/ nordik pun mempunyai sistem pendidikan tinggi terkuat di dunia. Sejumlah negara Nordik, seperti Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia, dan Swedia, membuka kesempatan kuliah gratis. Norwegia menyediakan studi universitas gratis untuk seluruh mahasiswa di segala jenjang dan kebangsaan. Contohnya Jerman, mahasiswa hanya perlu membayar kira-kira 33-66 dollar AS atau Rp 469.000-Rp 938.000 per semester. Mayoritas program sarjana disampaikan hanya dengan bahasa Norwegia. Untuk tingkat master dan PhD, program bahasa Inggris lebih umum dan biaya kuliahnya gratis.


3. Spanyol Eropa 
Spanyol termasuk menjadi salah satu negara dengan biaya kuliah termurah di dunia. Mahasiswa Uni Eropa tidak diwajibkan membayar biaya pendidikan tinggi di Spanyol, sedangkan mahasiswa internasional bisa kuliah di universitas negeri dengan biaya 830-2.760 dollar AS atau sekitar Rp 11,7 juta-Rp 39,1 juta per tahun. Di Spanyol, biaya hidupnya sekitar 11.940-14.600 dollar AS atau Rp 169,1 juta-Rp 206,8 juta setahun. Madrid, Barcelona dan Valencia tergolong dalam Kota Pelajar Terbaik QS Rankings dan Barcelona mendapat peringkat ke 21 dunia.

4. Polandia 



Polandia dengan ibu kota Warsawa ini menjadi tempat kuliah favorit karena biayanya yang termasuk murah, bahkan tak sedikit penduduk Eropa yang berkuliah ke Polandia. Bagi warga asli Polandia atau mahasiswa internasional yang ingin belajar, pendidikan kuliah tersedia secara gratis dengan bahasa pengantar Polandia dan melalui ujian yang sama. Universitas yang bisa dipilih ialah University of Warsaw yang mendapat peringkat ke-6 dari EECA sebagai universitas terbesar di Polandia atau Jagiellonian University yang mendapat peringkat ke-7 dari EECA sebagai salah satu universitas tertua di benua Eropa.




5. Argentina 
Argentina tergolong ke dalam salah satu negara dengan biaya kuliah termurah di dunia. Sekitar 90.000 mahasiswa internasional pergi ke Argentina tiap tahunnya untuk belajar karena rasa tertarik dengan budaya Amerika Latin yang kental, biaya hidup terjangkau serta bisa belajar bahasa Spanyol. Contoh universitas yang bisa dipilih ialah Universidad de Buenos Aires yaitu universitas peringkat pertama di Argentina dan ke-314 di dunia dari webometrics atau Universidad Nacional de la Plata ke-543 dunia.

6. Slovenia 

Slovenia menjadi negara dengan biaya kuliah termurah di dunia selanjutnya. Ia adalah kota kecil yang terletak di bagian selatan Eropa Pusat dengan ibukota Ljubljana dan setengah bagian dari teritorinya terselimuti hutan. Pendidikan di negara Slovenia mendapatkan peringkat ke-12 terbaik di dunia sekaligus peringkat ke-4 terbaik di Uni Eropa. Universitas terbaik dan terfavorit di Slovenia ialah University of Ljubljana dengan peringkat ke-286 sedunia dan peringkat kedua terbaik ialah University of Maribor dengan peringkat ke-1156 dunia berdasarkan webometrics. Ada juga universitas swasta yang bagus yaitu University of Nova Gorica dan EMUNI University.

Demikian, beberapa negara dengan biaya kuliah termurah di dunia paling favorit dan sangat direkomendasikan untuk pelajar. Ingin tau lebih jauh tentang ulasan pendidikan murah di negara lainnya? Cek terus informasi terkini dari CekAja.com ya.


Copyright © 2010- | Viva | Kaffee Bitte | Desi Puspitasari | Daily | Portfolio