Senin, 27 Juni 2016

Apa Saja sih Trik Ampuh Meningkatkan Popularitas Blog itu?

Dewasa ini banyak sekali orang yang bergiat di dunia maya bukan saja sebagai blogger, namun juga sebagai pegiat sosial media; instagram, twitter, facebook, dan lain-lain. Bahkan karena perannya yang juga tak bisa diremehkan, tak sedikit para pegiat dunia maya itu acap di-hire ataupun di-endorse oleh pihak-pihak terkait dengan kesepakatan tertentu yang sama-sama memberi keuntungan. 

Sehubungan dengan kegiatan blogging dan aktivitas ber-sosial media di dunia maya, kali ini saya ingin sedikit berbagi dari apa-apa saja yang sempat saya peroleh beberapa waktu lalu, yaitu ketika menyengajakan diri turut serta dalam acaranya Pakdhe Blontankpoer di seputar Surakarta: #KopdarBlogger: Sepi ing Pamrih Rame ing Blogging.

Melihat fenomena yang ada di dunia maya, jika kita mengamati, maka akan banyak blogger yang berkeinginan agar blog-nya bisa cepat populer dan banyak dikunjungi netizen lain. Hanya saja, tidak semua blogger konsisten dalam meningkatkan popularitas blog­-nya. Perkembangan dunia blog yang pesat memang membuat blog menjadi semakin menjamur, namun bukan berarti kita tidak bisa mengungguli sekian banyak blog tersebut. Karena bisa saja kita membidik hal ataupun bidang tertentu --yang kita kuasai, selanjutnya kita naikkan popularitas dengan cara positif dan tak menyalahi aturan. Dengan begitu kita bisa memiliki pembaca setia. Salah satunya adalah pada dunia literasi ataupun kepenulisan
.

Lalu bagaimana cara meningkatkan popularitas blog dengan cara positif itu?    Di bawah ini adalah beberapa tips dan trik ampuh yang bisa kita lakukan:

Blogwalking

Pic Source: pixabay.com | CC0
Blogwalking adalah kegiatan berkeliling ke sana ke mari --ke banyak weblog di dunia maya dan diiringi dengan membaca kontennya. Blogwalking ini sungguh merupakan hal yang kaya manfaat, karena bukan saja bisa memperkaya diri kita dengan ilmu pengetahuan baru, namun bisa pula menjadi sarana memperluas jaringan perkenalan dengan  blogger pun netizen lainnya. 

Dan apabila kita juga meninggalkan komentar pada blog tertentu, maka besar kemungkinan blogger sang empunya blog tersebut juga melakukan hal serupa, berkunjung balik dan kemudian membaca, lanjut memberikan komentar pada blog kita. Nah pada kondisi ini, selain menambah jumlah kenalan sesama blogger, secara tidak langsung trafik blog kita pun akan meningkat.

Publikasi Melalui Wadah Komunitas

Jangan pernah ragu untuk mengikuti komunitas blogger, baik komunitas umum maupun komunitas berdasarkan wilayah regional. Wadah komunitas bisa menjadi jalan bagi kita untuk mengenal blogger lain. Ada banyak manfaat yang akan didapatkan, di antaranya adalah perihal ilmu menulis dan juga pengetahuan tentang internet. Ketika kita melakukan update blog, kita juga bisa memublikasikannya melalui komunitas tersebut. Sehingga bukan tidak mungkin blogger-blogger lain akan dengan senang hati mengunjungi blog yang membahas hal-hal menarik dan orisinal.

Mencari Banyak Referensi dari Blogger Senior

Mencari referensi bukan berarti menjiplak hasil karya blogger lain. Karena sepintar apapun, toh kita juga masih patut mencari referensi mengenai cara menulis, cara membuat konten menarik, serta hal-hal lainnya seputar aktivitas blogging. Maka, tidak ada salahnya berkenalan secara sopan dengan para blogger senior, karena ada banyak blogger senior yang tetap ringan tangan, bersedia dengan senang hati dan tak akan merasa keberatan berbagi ilmu dengan kita.

Menjadi Penulis Tamu di Blog Lain

Tips menjadi penulis tamu sudah tak bisa diragukan lagi kebermanfaatannya bagi kita. Selain membantu update pada blog lain, kita juga bisa memperkenalkan blog yang kita miliki sekaligus memperkenalkan diri kita. Sehingga bukan hal yang mustahil jika banyak orang tertarik dengan profil dan blog kita setelah mengetahui kualitas tulisan sebagai blogger tamu.

Demikian beberapa tips ataupun trik yang bisa diterapkan dan dipraktikkan tanpa harus menyita waktu kita.

Sementara hal lain yang juga butuh diperhatikan, selain koneksi internet adalah juga penggunakan tablet PC berkualitas, segala aktivitas yang berkaitan dengan blogwalking akan semakin lancar jika alat yang dipergunakan juga dalam kondisi prima. Bagi kamu yang sedang mencari tablet terbaru, pilih saja tablet Advan, dan jangan sungkan untuk melihat spesifikasi tablet terbaru Advan tersebut di MatahariMall.  Tapi jangan langsung main comot saja, karena akan lebih baik dan bakal mendapatkan barang bagus tentu ketika kita juga mau menyediakan waktu untuk mengamatinya terlebih dahulu spesifikasi-spesifikasi di dalamnya. Periksa satu demi satu, sebelum menentukan varian tablet PC Advan tersebut, sehingga bisa pas untuk aktivitas blogging dan juga mendukung dunia kepenulisanmu.

Ingat, popularitas blog bisa diraih bukan dengan cara instan, melainkan harus dikerjakan secara perlahan-lahan, yakin dan teliti, yaitu dengan cara memahami pula kaidah kepenulisan sesuai aturan baku dan juga gaya yang hendak disajikan.  Karena itu, ada banyak hal penting  yang butuh kita pelajari menyangkut konten seputar blog dan dunia kepenulisan di ranah internet ini.

Have a nice writing, and happy blogging guys...! :) [dps]
Copyright © 2010- | Viva | Kaffee Bitte | Desi Puspitasari | Daily | Portfolio