Jumat, 16 September 2016

Apa yang Perlu Disiapkan Blogger dalam Mengikuti Acara Kopi Darat?

Kadangkala kita tak pernah menyadari bahwa sejatinya blogger itu adalah juga bagian dari profesi penulis a.k.a writer. Karenanya, tak heran apabila kegiatan ngeblog menjadi hal yang semakin diminati. Dan ketika ditekuni toh blogger menjadi profesi lumayan menjanjikan, tak kalah dengan penulis buku cetak yang kemudian didistribusikan oleh toko-toko buku. Apalagi waktu yang dipakai untuk ngeblog juga sangat fleksibel.

Berbicara tentang pekerjaan, sesuai dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan zaman, dewasa ini profesi yang populer sudah banyak sekali. Artinya, profesi yang bisa dipilih dalam menjalani hidup ini tak lagi hanya berkutat pada hal umum saja, baik dokter, guru, pilot, ataupun profesi lain dengan kebanggaan gelar insinyur.    
  
Hanya saja masih banyak yang belum tahu. Bahkan tak sedikit yang menganggap bahwa aktivis di dunia internet, baik programmer, pegiat media sosial, dan juga blogger, adalah manusia yang jarang berinteraksi dengan orang lain. Padahal jika mau menelisik lebih dalam, sejatinya semua pegiat dunia maya itu juga memiliki komunitas yang sering mengadakan acara gathering alias kopi darat. Termasuk di dalamnya adalah para blogger.

Nah, lalu apa saja yang musti dipersiapkan  para blogger apabila hendak mengikuti gathering? Di bawah ini adalah beberapa persiapan yang acap dilakukan para blogger agar kelangsungan acaranya bisa berjalan lancar dan efektif.

Menyiapkan Kartu Nama

Kartu nama menjadi sarana praktis untuk memperkenalkan diri ketika bergabung di komunitas. Jika kita berkenalan dengan banyak teman baru sesama blogger, kemungkinan besar jaringan perkenalan tersebut bisa membawa kesempatan baik bagi kelangsungan karier. Oleh sebab itu, jangan malas membuat kartu nama berkualitas agar eksistensi kita mudah diingat oleh sesama blogger atau perusahaan yang sering bekerja sama dengan blogger.

Jangan Malas Berkenalan dengan Banyak Orang


Jalinan pertemanan dengan banyak pihak yang mengikuti acara kopi darat akan membuka sejumlah peluang di dunia blogging. Jadi, usahakan untuk berkenalan dan bergaul akrab dengan semua orang yang kita temui di acara kopi darat. Tak perlu ragu untuk menyapa dan berkenalan dengan banyak orang terlebih dahulu, sehingga suasana kopi darat menjadi lebih cair, nyaman, dan menyenangkan.

Mengenakan Busana Tepat, Sesuai Tema Acara

pic source: pixabay.com
Kalau para blogger pria bisa mengenakan kemeja dengan jeans ketika menghadiri kopi darat, lain halnya dengan wanita. Biasanya blogger wanita ingin tampil lebih menarik dan sopan dengan variasi dress aneka model dan motif.

Dunia internet yang digeluti akan sangat membantu. Karena hanya tinggal browsing, tak perlu jalan kaki ke pusat-pusat perbelanjaan, tak perlu membuang-buang waktu demi berburu pakaian di pasar, hunting pakaian itu bisa dilakukan di MatahariMall yang menyediakan aneka dress menarik. Bahkan bagi Anda para blogger wanita yang mengenakan hijab, MatahariMall juga jual koleksi dress muslim wanita.

Dengan tak menyia-nyiakan kesempatan seperti itu, dan juga tetap produktif dalam menulis, kita bisa langsung pesan dan kemudian tinggal ditunggu barang sampai di rumah. Maka, kesan sopan, rapi, dan pribadi menyenangkan secara tidak langsung telah kita tunjukkan, yaitu ditampilkan dari gaya berpakaian pada saat bertemu dengan orang lain.

Bukankah sebagai blogger yang ingin menambah ilmu dan pengalaman dalam komunitas, sudah sepatutnya kita menampilkan citra profesional dan menghargai pihak lain melalui penampilan dan pembawaan saat bertemu dengan sesama blogger?  Makanya, yuk tetap semangat dalam mendulang rupiah dan segudang ilmu dari dunia blogging Indonesia, tentu dengan tetap menggunakan otak cerdas dan memanfaatkan waktu seefektif mungkin. [dps]


Copyright © 2010- | Viva | Kaffee Bitte | Desi Puspitasari | Daily | Portfolio